Pertumbuhan Pengguna & Pendapatan Tiket.com Pada 2013 Meningkat

Pertumbuhan Pengguna & Pendapatan Tiket.com Pada 2013 Meningkat

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Perusahaan travel online yang bermula dari perusahaan start up kini semakin tumbuh besar. Setelah menggandeng sembilan maskapai penerbagangan di Indonesia, tahun ini mereka meluncurkan inovasi baru, yakni rental mobil online. Ini adalah layanan sewa mobil online pertama di Indonesia.

Gaery Undarsa, Managing Director Tiket.com, mengatakan kepercayaan masyarakat terhadap transaksi travel online memang  terus bertumbuh. Hal ini terlihat dari bertambahnya pengguna baru Tiket.com yang melakukan transaksi pembelian tiket secara online. “Pertumbuhan pengguna dan pendapatan Tiket.com pada 2013 meningkat 3.100 persen bila dibandingkan dengan data 2012,” katanya. Lebih dari 60 persen pengguna Tiket.com menjadi pelanggan loyal yang melakukan transaksi kembali di Tiket.com. Perusahaan ini bahkan di tahun 2013 juga menjadi The Best Agent Citilink.

Gaery menambahkan, bertambah tingginya animo masyarakat menggunakan layanan travel online itulah yang membuat Tiket.com mengembangkan layanan booking sewa mobil secara online. Sebagai langkah awal, Tiket.com menggandeng tiga perusahaan rental mobil besar di daerah Jakarta, Yogyakarta, dan Bali. Gaery menargetkan tahun ini bisa melayani 10 kota wilayah layanan sewa mobil.

Tiket.com, kata Gaery, ingin memperbesar pangsa pasar layanan travel online. Saat ini selain pemesanan tiket pesawat dan kereta api, Tiket.com juga melayani pemesanan 1.800 hotel di Indonesia dan 85.000 hotel di seluruh dunia. Tiket.com juga menjadi partner 15 promotor event besar yang kerap menggelar konser-konser musik di Indonesia.

Dari data pelanggan Tiket.com, mayoritas pengguna layanan Travel Online saat ini masih berasal dari Jawa. Lebih dari 70 persen transaksi berasal dari Jawa, khususnya Jakarta. Sisanya tersebar di seluruh Indonesia. Total penjualan Tiket.com dan transaksi pada 2013 meningkat drastis sampai 3.100 persen dibandingkan 2012, dengan rata-rata pertumbuhan lebih dari 30 persen setiap bulannya.  Pembeli kebanyakan menggunakan layanan pembayaran kartu kredit dan Klik BCA.

“Kami yakin pertumbuhan pasar travel online akan semakin bagus,” kata Gaery.

Tiket.com merupakan salah satu situs layanan travel online yang cukup besar di Indonesia. Beberapa biro travel online lokal, seperti Panomara Tour, kini juga melirik bisnis ini. Mereka bersaing dengan pemain-pemain mancanegara, seperti Agoda.com, Booking.com, maupun Wego.com.

Tiket.com atawa PT Tiket Global Network dimulai dari sebuah perusahaan start up pada Agustus 2011. Pendirinya adalah Wenas Agusetiawan, Dimas Surya, Mikael Gaery, Natali Ardianto, dan seorang investor lokal perorangan. Selama tiga bulan mereka membangun sistem back end dan front end, lalu mulai beroperasi pada Desember 2011. Sejak itu pertumbuhan penggunanya mencapai 20 persen sampai 50 persen per bulan. Itu yang membuat Tiket.com mendapat  penghargaan di AICTA (ASEAN Information Communication & Technology Award) di Myanmar, menyisihkan rival-rival dari negara tetangga. Total pengguna Tiket.com pada tahun 2012 lebih dari 100.000 pengguna.

“Kami yakin investasi kami kembali dalam dua atau tiga tahun,” ujar Gaery menambahkan.

Berdasarkan data dari Phocuswright dan Expedia (yang meneliti pasar online travel di Australia, Cina, Jepang, India, Indonesia, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, dan Thailand), di Asia Pasific pasar pemesanan online travel tahun 2011 diperkirakan mencapai US$ 1,6 miliar. Angka itu diperkirakan naik 30 persen-40 persen pada periode-periode berikutnya. Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat sedikitnya ada 123 juta wisatawan lokal Indonesia selama tahun 2011.

Sumber: Tempo.co

[/vc_column_text][dt_gap height=”15″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/4″][vc_facebook type=”button_count”][/vc_column][vc_column width=”1/4″][vc_tweetmeme type=”horizontal”][/vc_column][vc_column width=”1/4″][vc_googleplus type=”small” annotation=”inline”][/vc_column][vc_column width=”1/4″][vc_pinterest][/vc_column][/vc_row]